Selamat datang di situs Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

  • Perbesar ukuran huruf
  • Ukuran huruf bawaan
  • Perkecil ukuran huruf
Berita Terkini

Penerimaan Calon Peserta Didik Prodiksus PPAT STPN Angkatan III Tahun 2014

E-mail Print PDF
Penilaian User: / 439
MiskinTerbaik 
Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta membuka kesempatan bagi calon peserta didik untuk dapat menempuh pendidikan khusus ke-PPAT-an melalui Program Pendidikan Khusus Pejabat Pembuat Akta Tanah Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (Prodiksus PPAT-STPN) Angkatan III Tahun 2014. Penerimaan Calon Peserta Didik Prodiksus PPAT STPN Angkatan III ini akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Mei sampai dengan 18 Juni 2014. Adapun informasi selengkapnya mengenai syarat dan tatacara pendaftaran dapat dilihat melalui pengumuman berikut ini 


 

 






LAST_UPDATED2
 

Bedah Kasus Pertanahan Laboratorium Sengketa Konflik dan Perkara Pertanahan STPN 2014

E-mail Print PDF
Penilaian User: / 20
MiskinTerbaik 
Bedah Kasus Masalah Pertanahan diselenggarakan perdana pada hari Sabtu Tanggal 26 April 2014 bertempat di Gedung UPT Laboratorium lantai III Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk mengawali kegiatan selanjutnya yang diselenggarakan oleh Laboratorium Penanganan Sengketa Konflik dan Perkara Pertanahan STPN. Materi bedah kasus merupakan kasus pertanahan yang riil terjadi dan ditangani oleh kantor pertanahan dengan mendatangkan narasumber dari aparat kantor pertanahan. Narasumber dalam kegiatan bedah kasus yang diselenggarakan tanggal 26 April 2014 ini berasal 1 kabupaten di Jawa Tengah dan 1 kabupaten di Jawa Timur. Narasumber pertama Kantor Pertanahan Kabupaten Blora yang disampaikan oleh Kasi Sengketa dan Konflik Pertanahan Bapak Sukur A.Ptnh., dengan topik “Kasus Sengketa Tanah Kehutanan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah”. Narasumber kedua berasal dari Kabupaten Jember yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kabupaten Jember Bapak Joko Susanto, S.H, dengan topik “Permasalahan Tanah Perkebunan di Kabupaten Jember, Jawa Timur”. Kegiatan ini juga dihadiri oleh tamu undangan dosen STPN dan beberapa pejabat Kantor Pertanahan Kabupaten Jember



Kegiatan bedah kasus diselenggarakan dalam rangka pembinaan minat dan bakat taruna bhumi STPN serta meningkatkan ketrampilan dalam menyelesaikan permasalahan pertanahan dan mengefektifkan program Boarding School. Diharapkan para taruna bhumi dapat meningkatkan kemampunannya dalam menyelesaikan permasalahan pertanahan setelah mendapatkan pelatihan bedah kasus ini. Pelatihan bedah kasus ini diikuti oleh taruna semester VI manajemen dan perpetaan sejumlah 57 orang. Rangkaian kegiatan bedah kasus dibuka oleh Ketua STPN Dr. Oloan Sitorus, S.H. dan Laporan Ketua Penyelenggara sekaligus Kepala Laboratorium Penanganan Sengketa Konflik dan Perkara Pertanahan Haryo Budhiawan, S.H., M.Si. 
LAST_UPDATED2
 

Pelaksanaan PKL Pemeliharaan TDT

E-mail Print PDF
Penilaian User: / 8
MiskinTerbaik 

Pelaksanaan kegiatan ini didasarkan pada Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Nomor 742/KEP-800.37/VIII/2013 Tahun 2013 tentang Kurikulum Dan Silabus Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.

Berdasarkan hal tersebut Mahasiswa Diploma I PPK-STPN perlu dibekali suatu kegiatan yang langsung berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi dalam kegiatan pengukuran dan pemetaan kadastral yang berhubungan secara langsung dengan masyarakat. Salah satu kegiatan dimaksud kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pemeliharaan Titik Dasar Teknik. Selain untuk menambah pemahaman teori, kegiatan PKL ini penting untuk membentuk karakter lulusan Program Diploma I.

Maksud dan tujuan dari pelaksanaan PKL Pemeliharaan TDT antara lain memberi pemahaman secara langsung mengenai arti penting, fungsi dan manfaat Titik Dasar Teknik secara langsung di lapangan, dan memberikan gambaran nyata tentang faktor-faktor yang terkait dengan pengadaan TDT serta guna membentuk karakter Mahasiswa Program Diploma I PPK- STPN sebagai seorang asisten surveyor kadastral yang memiliki wawasan komprehensif dalam pengadaan dan pemeliharaan TDT.

Kegiatan pemeliharaan / perbaikan titik dasar teknik ini dilaksanakan di salah satu desa laboratorium yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang telah dilaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan pengukuran bidang pada tahun-tahun sebelumnya.

Hasil yang diharapkan pada kegiatan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa mampu menggunakan peta TDT dan buku tugu, menjelaskan bagaimana TDT diadakan dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakannya dan mahasiswa memiliki karakter yang komprehensif dalam pengadaan TDT.

Dalam pelaksanaan PKL Pemeliharaan TDT diikuti oleh Mahasiswa Diploma I PPK STPN sebanyak 318 orang, 30 orang Dosen/instruktur, 16 orang pendamping dan 3 orang asisten instruktur


 

Apel Besar Sivitas Akademika STPN bersama Sekretaris Utama BPN RI

E-mail Print PDF
Penilaian User: / 15
MiskinTerbaik 
Apel Besar/Istimewa dilaksanakan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional dalam rangka menyambut kunjungan kerja Sekretaris Utama BPN RI (Drs.Suhaily Syam, S.H., M.M.) pada hari selasa 29 April 2014. Dalam amanatnya selaku pembina apel Sestama BPN RI, mengingatkan akan pentingnya lembaga pendidikan kedinasan STPN menghasilkan lulusan yang berkarakter selain cerdas intelektual. STPN yang memiliki konsep pendidikan berasrama (Boarding School), dapat menguatkan tiga ranah pendidikan yaitu ranah kecerdasan, ranah sikap kerja dan ranah kepribadian.
STPN berkomitmen memenuhi tuntutan BPN RI selaku instansi vertikal, untuk meningkatkan kualitas lulusan guna mendukung upaya percepatan reforma birokrasi di BPN RI. Kampus STPN dibangun bukan hanya untuk menghasilkan lulusan yang pintar, tetapi juga dibangun diatas cita-cita besar menghasilkan lulusan yang berkarakter.
Sestama juga mengingatkan diakhir amananya selaku pembina apel, pertama bagi STPN teruskan kegiatan pengembangan karakter melalui kegiatan pengasuhan. Kedua, bagi para pengasuh taruna bhumi harus tetap berkomitmen melaksanakan pengasuhan secara efektif. Ketiga, bagi taruna bhumi ikuti proses pembelajaran dan pengasuhan dengan suasana gembira dan senang hati serta kembangkan diri dan kretaifitas masing-masing. BPN RI tetap akan berkomitmen mendukung pengembangan STPN melalui pengadaan fasilitas dan infrastruktur.
Setelah kegiatan Apel Besar Sivitas Akademika STPN, Sestama menjadi pembicara tunggal dalam Kuliah Umum bagi mahasiswa Program Pendidikan Khusus PPAT STPN dan menyempatkan melakukan peninjauan beberapa fasilitas pendidikan di STPN
LAST_UPDATED2
 

Pengukuhan Lulusan Program Pendidikan Khusus PPAT STPN Angkatan I

E-mail Print PDF
Penilaian User: / 40
MiskinTerbaik 

PENGUKUHAN LULUSAN PROGRAM PENDIDIKAN KHUSUS PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL (PRODIKSUS PPAT-STPN)

ANGKATAN I TAHUN 2013

Pengukuhan Lulusan Prodiksus PPAT STPN Angkatan IUpacara Pengukuhan lulusan  Program Pendidikan Khusus Pejabat Pembuat Akta Tanah Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (Prodiksus PPAT-STPN) yang diselenggarakan hari ini, Senin 20 Januari 2014 ini merupakan sebuah momen yang membahagiakan karena menjadi pencapaian kegiatan pembelajaran yang berhasil mengantarkan para lulusannya menjadi PPAT sebagaimana yang diharapkan. Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala BPN RI yang dalam hal ini diwakili oleh Deputi Bidang Hak Tanah, Pendaftaran Tanah, dan Pemberdayaan Masyarakat BPN RI H. Gede Ariyudha, S.H., Direktur Pendaftaran Hak Tanah dan Guna Ruang BPN RI, Bp. Anak Agung Raka Yadnya, S.H., Kasubdit Peralihan, Pembebanan Hak, dan PPAT BPN RI, Ibu Hj. Erna Sriyatmi, S.H., M.H, dan para tamu undangan yang berasal dari Jajaran Kanwil BPN RI Propinsi DIY, dosen STPN, Kepala Kantor Pertanahan BPN RI dari 22 kabupaten lokasi penempatan, serta undangan lain. Pada hari ini juga akan diserahkan Ijazah dan Surat Keputusan Pengangkatan dan Penunjukan Daerah Kerja sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah kepada para lulusan Prodiksus PPAT.

Program Pendidikan Khusus Pejabat Pembuat Akta Tanah di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional ini adalah pendidikan nonformal setelah sarjana, yang mendidik  para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan PNS dalam Masa Persiapan Pensiun (MPP) baik di dalam maupun di luar lingkungan BPN RI untuk menghasilkan PPAT profesional yang handal. Sebagai perguruan tinggi di lingkungan BPN RI, STPN dipandang tepat dan memiliki kesiapan untuk menyelenggarakan Prodiksus PPAT yang memiliki keunikan dalam sifat kepamongprajaan yang tersirat pada Pasal 6 ayat (2) PP No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Penyelenggaraan pendidikan ini diinisiasi berdasarkan Peraturan Kepala BPN RI Nomor 8 Tahun 2013 tentang Lembaga Pendidikan Tinggi Penyelenggara Program Pendidikan Khusus Pejabat Pembuat Akta Tanah yang diperkuat dengan Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Nomor 416/KEP-800/VI/2013 tentang Penyelenggaraan Program Pendidikan Khusus Pejabat Pembuat Akta Tanah.

Penyelenggaraan Prodiksus PPAT dilakukan guna meningkatkan kemampuan teoritis dan praktis peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan seputar pendaftaran tanah sehingga mencegah terjadinya sengketa, konflik, dan perkara pertanahan sehingga diharapkan akan menghasilkan PPAT “Profesional” yang menghayati jiwa UUPA, bertanggung jawab, dan berkompeten dalam pembuatan akta tanah. Yaitu PPAT yang mampu menjalankan peran ganda baik sebagai pembantu kepala kantor pertanahan dalam melaksanakan fungsi administrasi pertanahan serta menjadi pejabat publik yang mampu melayani kebutuhan masyarakat dalam menghasilkan akta yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Upacara pengukuhan ini merupakan puncak sekaligus penutup rangkaian pembelajaran yang diselenggarakan Prodiksus PPAT-STPN Angkatan I Tahun 2013. Kegiatan pembelajaran Prodiksus berlangsung selama 4 (empat) bulan dimulai pada tanggal 29 Agustus 2013 sampai dengan 11 Desember 2013 dengan diikuti oleh 26 (dua puluh enam) peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Berdasarkan Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Nomor: 1552/KEP-800.34/XII/2013 Tentang Penetapan  Kelulusan Peserta Didik Program Pendidikan Khusus Pejabat Pembuat  Akta Tanah Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Angkatan I Tahun 2013 tanggal 12 Desember 2013,  proses pembelajaran berhasil dengan baik dengan tingkat kelulusan 100% (seratus persen). Hasil pembelajaran Prodiksus PPAT-STPN Angkatan I Tahun 2013 ini adalah sebagai berikut.

  1. Peserta yang dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan (SM), sebanyak 2 (dua) orang; dan
  2. Peserta yang dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan (M) sebanyak 24 (dua puluh empat) orang.

Adapun range nilai dari para peserta bervariasi sebagai berikut:

  1. Indeks Prestasi (IP) tertinggi yaitu 86,0 (delapan puluh enam koma nol) atas nama H. Mukhtar, S.H.; dan
  2. IP terendah yaitu 78,8 (tujuh delapan koma delapan).

Selain keberhasilan dalam pembelajaran tersebut, para peserta juga telah dinyatakan lulus Ujian PPAT sebagai prasyarat untuk dapat diangkat sebagai PPAT sesuai dengan formasi yang telah dipilih pada tanggal 14-15 Desember 2013 lalu. Hal ini dikukuhkan dengan Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Nomor: 1061/KEP-17.3/XII/2013 Tentang Pengangkatan dan Penunjukan Daerah Kerja Sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah. Adapun data lulusan berserta dengan lokasi daerah kerja PPAT-nya sebagaimana terlampir.

STPN saat ini juga telah mempersiapkan penyelenggaraan Prodiksus PPAT-STPN Angkatan II Tahun 2014. Seleksi Penerimaan Calon Peserta Didik Baru Prodiksus PPAT STPN Angkatan II Tahun 2014 direncanakan pada tanggal 3 Februari 2014 yang akan diumumkan melalui website www.stpn.ac.id dan www.bpn.go.id. Periode tersebut rencananya menjaring peserta didik baru sebanyak 40 orang yang siap di didik menjadi calon PPAT yang profesional.



LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Berita Terkini

Penyusunan Buku Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Revisi Standar Operasional Prosedur (SOP) STPN

Rabu, 10 Desember 2014 | Administrator

Pusat Penjaminan Mutu Internal (PPMI) merupakan Unit Pembantu Akademik di lingkungan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Sebagai unit yang baru dibentuk PPMI mempunyai tugas yang cukup berat yaitu...
Baca

PENYULUAN PERTANAHAN DALAM RANGKA PKL PENGUKURAN PEMETAAN DAN PENILAIAN TANAH DI DESA BANJARARUM, KECAMATAN KALIBAWANG, KABUPATEN KULON PROGO

Selasa, 02 Desember 2014 | Administrator

Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan mahasiswa program Diploma IV Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta dengan bobot sebesar 2 SKS. Kegiatan ini...
Baca


Opini Anda

Informasi Apa yang ingin anda peroleh dari situs ini?
 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini30
mod_vvisit_counterKemarin565
mod_vvisit_counterMinggu ini3567
mod_vvisit_counterMinggu kemarin4143
mod_vvisit_counterBulan ini10506
mod_vvisit_counterBulan kemarin16539
mod_vvisit_counterSeluruhnya1440885
site statistics