Selamat datang di situs Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

  • Perbesar ukuran huruf
  • Ukuran huruf bawaan
  • Perkecil ukuran huruf
Berita Terkini

Penyusunan Buku Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Revisi Standar Operasional Prosedur (SOP) STPN

E-mail Print PDF
Pusat Penjaminan Mutu Internal (PPMI) merupakan Unit Pembantu Akademik di lingkungan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Sebagai unit yang baru dibentuk PPMI mempunyai tugas yang cukup berat yaitu menjamin pelaksanaan proses penjaminan mutu proses-proses yang berkaitan dengan kegiatan akademis di STPN.Dalam rangka melaksanakan amanat tugas tersebut PPMI melaksanakan kegiatan Penyusunan Buku Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Revisi Standar Operasional Prosedur (SOP) STPN. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi mengenai proses penjaminan mutu di Prodi, Unit Pelaksan Akademis (UPA) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan STPN dengan menyusun suatu buku yang berisi mengenai standar-standar yang harus diacu oleh unit-unit tersebut dalam melaksanakan tupoksinya. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Senin-selasa tanggal 1-2 Desember 201 dan diikuti oleh 25 undangan yang mewakili unit-unit kerja yang ada di lingkungan STPN .Hasil dari kegiatan Penyusunan Buku Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Revisi Standar Operasional Prosedur (SOP) STPN adalah Buku Pedoman SPMI yang dilengkapi dengan SOP dan Instruksi Kerja (IK).

        
LAST_UPDATED2
 

PENYULUAN PERTANAHAN DALAM RANGKA PKL PENGUKURAN PEMETAAN DAN PENILAIAN TANAH DI DESA BANJARARUM, KECAMATAN KALIBAWANG, KABUPATEN KULON PROGO

E-mail Print PDF
Penilaian User: / 2
MiskinTerbaik 


Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan mahasiswa program Diploma IV Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta dengan bobot sebesar 2 SKS. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari pembelajaran yang bersifat praktik dan terintegrasi dengan mata kuliah yang sudah dipelajari sebelumnya.
Pada tahun Akademik 2014/2015 Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan bertajuk Pengukuran, Pemetaan Bidang tanah dan Penilaian Tanah yang diikuti oleh mahasiswa semester V Program Diploma IV Pertanahan STPN. Kegiatan PKL tersebut diselenggarakan di Desa Banjar Arum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbagi menjadi 9 dusun yaitu Ngipik rejo 1, Ngipikrejo 2, Kagongan, Sayangan, Kanoman 1, Kanoman 2, Jogobayan, Kisik dan Kriyan.
Sebelum pelaksanaan PKL dilaksanakan Penyuluhan yang dilaksanakan pada hari jumat tanggal 28 November 2014 dengan materi proses pendaftaran tanah dan penilaian tanah. Adapun Penyuluhan dilangsungkan di 3 dusun yaitu dusun Sayangan, Ngipikrejo 1 dan Jogobayan dengan peserta warga 9 dusun tempat lokasi PKL. Ketika dilangsungkan penyuluhan terjadi dialog interaktif dari penyuluh yang terdiri dari dosen-dosen STPN dengan warga baik mengenai materi PKL yang akan dilaksanakan maupun proses-proses pengukuran, pendaftaran dan penilaian tanah. (MAS) 


   

LAST_UPDATED2
 

WORKSHOP REVISI MODUL MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTIKUM PROGRAM DIPLOMA I PENGUKURAN DAN PEMETAAN KADASTRAL SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL TAHUN AKADEMIK 2014/2015

E-mail Print PDF
Penilaian User: / 1
MiskinTerbaik 
Sebagai kelanjutan dari proses Revisi Kurikulum Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral tahun 2013 yang telah ditetapkan dengan SK Ketua STPN Nomor 742/KEP-800.37/VIII/2013 tanggal 30 Agustus 2013 tentang Kurikulum dan Silabus Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, maka Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional menyelenggarakan kegiatan Workshop dalam rangka merevisi Modul Matakuliah Teori dan Praktikum. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 November 2014 yang dibuka oleh Ketua STPN, Dr. Oloan Sitorus, S.H.,M.S. Kegiatan ini melibatkan Tim Penyusun Modul, seluruh Dosen Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral dan Pejabat Struktural di lingkungan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Tim Penyusun Modul mempresentasikan draf modul hasil revisi, peserta lainnya memberikan kritik dan masukan sehingga modul hasil revisi lebih sempurna serta sesuai dengan Kurikulum dan Silabus baru yang telah ditetapkan tersebut. Output dari kegiatan ini adalah Modul baru hasil revisi yang dijadikan sebagai materi pokok dalam kegiatan pembelajaran pada Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral, baik kuliah teori di kelas maupun praktikum di lapangan. Dengan adanya modul hasil revisi ini di harapkan proses pembelajaran akan lebih lancar dan nantinya akan menghasilkan kualitas lulusan lebih baik sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Workshop Revisi Modul Mata Kuliah Teori dan Praktikum Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral pada tanggal 13-14 November 2014.

 

  
LAST_UPDATED2
 

Kunjungan Studi Banding ke Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

E-mail Print PDF
Penilaian User: / 4
MiskinTerbaik 

Pada Jumat, 28 November 2014 Ketua STPN bersama Pembantu Ketua Bidang Akademik, Ketua Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral, Ketua Program Studi Diploma IV Pertanahan, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Kepala Bagian Administrasi Umum, Kasubag Pengajaran, dan Staf berkunjung ke Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) di Jakarta. Kunjungan ini dalam rangka menimba pengalaman dari STIS dalam hal penerapan sistem informasi akademik berbasis teknologi informasi. Sistem tersebut diberi nama SIPADU (Sistem Informasi Terpadu).

Di ruang sidang senat lantai 2 dipaparkan oleh Bapak Moch. Sukri bahwa ide awal SIPADU berasal dari skripsi mahasiswa STIS. Kemudian ide tersebut terus dikembangkan oleh lembaga secara bertahap oleh tim secara konsinyasi bermodal semangat pengabdian. Saat ini SIPADU yang “Proudly made by STIS” akan dijadikan salah satu karya untuk lomba inovasi pelayanan publik 2014 yang diselenggarakan oleh Menpan.

SIPADU, yang paperless, telah dapat diakses melalui smartphone yang berbasis android. Ada dua fitur utama dalam SIPADU yaitu manajemen perkuliahan di kelas dan manajemen perkuliahan online. Penerapan SIPADU untuk manajemen perkuliahan di kelas berupa presensi mahasiswa dan dosen dengan finger print, sistem ini merekam waktu kehadiran (tanggal, hari dan jam). Dengan demikian tingkat kedisiplinan perkuliahan serta presensi mahasiswa dan dosen terekam dengan baik yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan monitoring, evaluasi serta bahan penilaian. Sarana –prasarana kelas yang tidak memadai dapat dilaporkan dari PC yang tersedia di kelas yang langsung terkirim ke bagian sarana prasarana atau umum. Demikian juga materi perkuliahan dapat secara online diunduh oleh mahasiswa. Di luar kelas, dosen secara on line dapat memberikan penilaian kepada mahasiswa, mengatur kembali jadual perkuliahan, melihat pengaturan skripsi dll. Demikian juga bagi mahasiswa dapat melihat rekap nilai, rekap presensi dan mengakses materi perkuliahan. Melalui SIPADU jajaran pimpinan STIS dapat dengan mudah memonitoring keberlangsungan kegiatan akademik.

Banyak pelajaran yang dipetik dari kunjungan ini. Pertama, semangat, kerjasama, kekompakan, fokus, kerja keras, merupakan modal utama bagi perguruan tinggi untuk dapat berkarya. Kedua, ide-ide mahasiswa jika dikembangkan dapat menjadi karya besar yang bermanfaat bagi sivitas akademika. Ketiga, teknologi informasi merupakan sarana utama, yang tidak bisa tidak, untuk terwujudnya manajemen perguruan tinggi yang dapat berkompetisi di era cyber sekarang ini. Semoga dalam waktu dekat STPN dapat mengintegrasikan sistem informasi yang telah terbangun. Sebagai tindak lanjut, STPN akan segera membangun sarana prasarana yang dapat mendukung terwujudnya sistem informasi akademik yang terpadu, dengan memprioritaskan anggaran dan program-program akademik yang utama.

 

  

LAST_UPDATED2
 

Praktik Kerja Lapang Pemetaan Tematik Program Diploma IV Pertanahan STPN

E-mail Print PDF
Penilaian User: / 8
MiskinTerbaik 

Praktik Kerja Lapangan (PKL) Pemetaan Tematik yang diikuti oleh 80 Taruna Tingkat II Program Studi Diploma IV Pertanahan STPN dilaksanakan pada 13 Dusun di Desa Donotirto, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 24 November 2014 sampai dengan 4 Desember 2014 (11 hari).

PKL Pemetaan tematik pertanahan bertujuan untuk melatih dan membekali para taruna dalam menyusun peta tematik terkait pertanahan, sehingga taruna mampu menyusun, mengolah dan menganalisis informasi spasial tematik pertanahan dalam satuan tematik bidang tanah.

Beberapa kegiatan survei dan pemetaan yang dilakukan taruna STPN adalah menyusun 11 peta diantaranya adalah peta penggunaan tanah, peta kemampuan tanah, peta sosial ekonomi, peta kependudukan, peta masalah pertanahan, peta administrasi dan tempat-tempat penting, peta pemanfaatan tanah, peta penguasaan tanah, peta pemilikan tanah. Sumber data dalam PKL meliputi data primer (pengukuran, wawancara penduduk, pengecekan kemampuan tanah, survei lapangan) dan data sekunder (monografi desa, data sosial-ekonomi). Beberapa sumber peta yang digunakan adalah peta dasar, citra/foto udara dengan resolusi spasial tinggi.

Hasil dari pemetaan tematik ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam menyusun kebijakan pembangunan, penyusunan rencana tata ruang, perencanaan pengembangan daerah sehingga tanah yang ada dapat dimanfaatkan sesuai dengan kemampuan dan kesesuaian tanah seoptimal mungkin agar lebih memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat serta memberikan manfaat bagi keberlanjutan ekosistem serta lingkungan.

 

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Berita Terkini

Penyusunan Buku Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Revisi Standar Operasional Prosedur (SOP) STPN

Rabu, 10 Desember 2014 | Administrator

Pusat Penjaminan Mutu Internal (PPMI) merupakan Unit Pembantu Akademik di lingkungan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Sebagai unit yang baru dibentuk PPMI mempunyai tugas yang cukup berat yaitu...
Baca

PENYULUAN PERTANAHAN DALAM RANGKA PKL PENGUKURAN PEMETAAN DAN PENILAIAN TANAH DI DESA BANJARARUM, KECAMATAN KALIBAWANG, KABUPATEN KULON PROGO

Selasa, 02 Desember 2014 | Administrator

Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan mahasiswa program Diploma IV Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta dengan bobot sebesar 2 SKS. Kegiatan ini...
Baca


Opini Anda

Informasi Apa yang ingin anda peroleh dari situs ini?
 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini263
mod_vvisit_counterKemarin580
mod_vvisit_counterMinggu ini3767
mod_vvisit_counterMinggu kemarin4301
mod_vvisit_counterBulan ini11319
mod_vvisit_counterBulan kemarin16539
mod_vvisit_counterSeluruhnya1441698
site statistics